MAKALAH EKONOMI MANAJERIAL
MAKALAH
EKONOMI MANAJERIAL
“ BISNIS BERBASIS ONLINE ”
DISUSUN OLEH:
ENJITA AYU PRATITIS (2015020033)
EKONOMI MANAJEMEN A1
FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI
MANAJEMEN
UNIVERSITAS ISLAM BATIK
SURAKARTA
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH yang maha
pengasih lagi maha penyayang,atas rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah ini
dapat terselesaikan dengan baik. Salawat serta salam selalu tercurah kepada
junjungan Nabi Muhammad SAW, atas perjuangan-Nya mengantar kita ke jalan yang
lebih terang dari masa jahiliya.
Makalah ekonomi
manajerial yang berjudul “ BISNIS BERBASIS ONLINE”Dalam penulisan makalah ini
penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan didalamya oleh sebab itu penulis
tidak menutup diri dari segala kritik yang membangun yang dapat menyempurnakan
makalah ini.
Terimakasih
semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang menbacanya.
Surakarta,
Oktober 2017
penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL..................................................................................... i
KATA
PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR
ISI ................................................................................................ iv
BAB
I PENDAHULUAN ........................................................................... 1
1.1.Latar
Belakang ....................................................................................... 1
1.2.Rumusan
Masalah .................................................................................. 1
1.3.Tujuan
Penulisan .................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN.............................................................................. 3
2.1.
Teori Singkat........................................................................................... 3
2.2.
Ekonomi Manajerial................................................................................ 5
2.3.
Memaksimumkan Keuntungan Bisnis Online......................................... 7
2.4.
Kendala Dan Solusi Bisnis Online.......................................................... 8
BAB
III PENUTUP...................................................................................... 10
3.1.
Kesimpulan.............................................................................................. 10
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 11
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR
BELAKANG
Teknologi adalah keseluruhan sarana
menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan
sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Di era globalisasi, teknologi
informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi,
kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global.
Di era globalisasi tidak menguasai teknologi informasi identik dengan buta
huruf. Kehidupan kita sekarang perlahan-lahan mulai berubah dari dulunya era
industri berubah menjadi era informasi dibalik pengaruh majunya era globalisasi
dan informatika menjadikan komputer. Internet dan pesatnya perkembangan
teknologi informasi sebagai bagian utama yang harus ada atau tidak boleh
kekurangan dikehidupan kita. Aktifitas network globalisasi ekonomi yang
disebabkan oleh kemajuan dari teknologi informasi bukan hanya mengubah pola
produktivitas ekonomi tetapi juga meningkatkan tingkat produktivitas dan pada
saat bersamaan juga menyebabkan perubahan struktural dalam kehidupan politik,
kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat dan juga konsep waktu dalam berbagai
lapisan masyarakat.
1.2.RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut
muncul rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apakah
kaitan antara ekonomi manajerial dengan bisnis berbasis online ?
2. Bagaimana
mengupayakan keuntugan maksimal bisnis online dengan prinsip-prinsip ekonomi ?
1.3.TUJUAN
Adapun tujuan dari makalah ini adalah :
1. Untuk
mengetahui kaitan0kaitan yang ditimbulkan antara ekonomi manajarerial dengan
bisnis berbasis online.
2. Untuk
memaksimalkan keuntungan dengan prinsip-prinsip ekonomi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Teori
Singkat
Perdagangan elekronik (electronic
commerce ) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran
data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan
data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat
kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan e-bisnis yang berkaitan
dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (
supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran
online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elekrtonik (electronic data interchange / EDI).
E-commerce merupakan bagian dari
e-business, diamana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga
memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (database), surat elektronik
(e-mail) , dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem
pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang.
2.2.Ekonomi
Manajerial
Ekonomi Manajerial adalah aplikasi teori
ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu
organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling
efisien. Ekonomi Manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi
bisnis yang meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manejemen sumber daya
manusia, dan produksi.
Keterkaitan Dengan Teori Ekonomi
Suatu organisasi dapat memecahkan
masalah keputusan manajemennya dengan menerapakan teori ekonomi dengan
perangkat ilmu keputusan. Teori ekonomi mengacu pada teori ekonomi mikro dan
ekonomi makro. Ekonomi mikro adalah
ilmu yang mempelajari timgkah laku ekonomis secara individual sebagai unit
pengambil keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumber daya, dan
perusahaan bisnis, didalam sistem perdagangan bebas. Ekonomi makro adalah ilmu yang membahas tentang ouput, pendapatan,
pekerjaan, konsumsi, investasi, dan harga secara total atau agregat di
perekonomian dilihat secara keseluruhan.
Pengaruh bisnis online terhadap
perekonomian indonesia
Sebagai sektor perekonomian baru di
indonesia memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola pikir masyarakat yang
masih tradisional. Dan bisnis ini merupakan salah satu sektor yang dirasa mampu
untuk melakukan perekonomian indonesia tersebut. Perkembangan bisnis yang
mengandalkan internet ini kini cukup pesat dan memberikan dampak positif bagi
bisnis yang baru. Karena dalam bisnis ini tidak memerlukan dana yang besar,
serta tempat visit untuk membuat usaha.
Sehingga dengan modal terbatas pun
seorang pebisnis dapat tetap memulai usahanya. Tak perlu repot untuk pergi ke
kantor, karena kita bisa melakukan bisnis ini dimana pun dengan menggunakan
komputer yang terhubung ke internet. Dengan kemudahan tersebut secara tak
langsung memberikan perekonomian indonesia lewat terbukanya beragam peluang
usaha yang dapat dilakukan oleh pebisnis lokal sekali pun.
Keterkaitan dengan fungsional ilmu
administrasi bisnis
Area fungsional bisnis menyangkut :
akuntasi, keuangan, pemasaran, manajemen sumberdaya manusia atau personalia,
dan produksi, merupakan disiplin ilmu yang mempelajari lingkungan bisnis dimana
perusahaan beroprasi, diharapkan dapat menyediakan latar belakang bagi
keputusan manajerial. Jadi ekonomi manajerial merupakan suatu studi yang ruang
lingkupnya luas yang menggabungkan teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan,
dan area fungsional ilmu administrasi bisnis.
Proses yang terkait dengan semua
pengambilan keputusan manajerial terdiri dari 5 tahap :
1. Menetapkan
tujuan perusahaan atau organisasi.
2. Mendefinisikan
permasalahan yang dihadapi perusahaan atau organisasi dalam usaha mencapai
tujuan tersebut.
3. Mengidentifikasikan
berbagai solusi-solusi.
4. Memilih
solusi terbaik dari solusi yang tersedia.
5. Mengimplementasikan
keputusan.
Sasaran dan nilai perusahaan
Pada dasarnya sasaran yang ingin dicapai
oleh suatu perusahaan adalah memaksimumkan laba sekarang atau dalam jangka
pendek. Namun demikian ada kalanya perusahaan rela mengorbankan atau melepaskan
laba jangka pendeknya untuk meningkatkan laba dalam jangka panjang. Jika laba
perusahaan sama dengan nilai perusahaan maka secara singkat dapat dikatakan
bahwa tujuan perusahaan adalah mamaksimumkan nilai perusahaan.
Nilai perusahaan adalah nilai sekarang
atau aliran kas suatu perusahaan yang diharapkan akan diterima pada masa yang
akan datang. Nilai sekarang dari seluruh laba yang diharapkan pada masa yang
akan datang.
2.3.
Memaksimumkan keuntungan bisnis online
Setiap individu harus mengikuti
perubahan zaman agar tidak tertinggal oleh kemodernan hidup. Hidup praktis dan
instan, itu lah ciri dari sebuah bisnis online yang terus mengalami
perkembangan hingga detik ini. Penyampaian informasi dahulu tertulis disecarik
kertas dan pengiriman memakai fasilitas POS. Minimal butuh waktu satu kali 24
jam untuk dapat menyamakan pikiran antara pengirim dan penerima.
Surat elektronik mengubah konsep menjadi
lebih sederhana dengan hanya satu klik mereka dapat bertukar informasi.
Keuntungan yang dijanjikan menyedot perhatian banyak orang sehingga bisnis itu
menjadi primadona dunia. Dibutuhkan strategi
khusus agar keuntungan yang diperoleh dapat maksimal :
1. Perbanyak
bidang penghematan data dan waktu memungkinkan kita untuk membuka lebih dari
satu bidang bisnis online. Cara ini merupakan srategi untuk meningkatkan pendapatan
finansial dengan menggaet lebih banyak pelanggan. Meskipun begitu, jangan
lakukan pembukaan usaha baru diwaktu yang bersamaan. Merintis beberapa bidang
bisnis serempak akan memecah kefokusan. Hal ini membuat keduanya tidak dapat
berjalan lancar. Keberhasilan satu bidang bisnis untuk melebarkan sayap
kebidang yang lain. Sesuaikan dengan modal, pikiran dan tenaga yang kita miliki
jangan ragu untuk melangkah menuju pintu kesuksesan yang sudah didepan mata.
2. Agresif
terhadap pasar bergerak lebih cepat sebelum orang lain ialah cara tanggap
menjemput rejeki dipasar online. Luanya jangkauan siapa saja mampu sukses dalam
bisnis jika memiliki tekat kuat. Jeli melihat peluang dan segera menyambutnya
menggunakan strategi jitu. Keahlian ini wajib ada pada diri pebisnis, baik
pemula atau kalangan profesional sekalipun. Agresif berarti berhasil menangkap
peluang dicelah-celah ketatnya persaingan pasar. Cara bersaing sehat dapat
memicu semangat demi kemajuan bisnis dimasing-masing bidang. Gunakan strategi
jitu dan halal untuk berlari lebih kencang ditengah himpitan kompetitor.
3. Kelola
keuangan kedisiplinan mengelola keuangan ialah cara memaksimalkan keuntungan
agar terus bertambah. Rincikan dengan detail laporan input dan output sehingga
besarnya laba terlihat jelas secara nominal. Simpan dana cadangan sebagai
antisipasi hal buruk sewaktu-waktu menimpa bisnis. Tentu penyebab kondisi
kemunduran bisnis harus diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Kesiapan dana
yang cukup tidak akan mengganggu sistem bisnis yang sedang berjalan. Alihkan
atau investasikan ke aset yang nilainya dapat berkembang seiring bertambahnya
waktu. Fungsi ganda penyimpanan ini yaitu berperan pula menghasilkan profit.
Contoh aset yang nilainya terus berkembang yaitu emas dan properti.
2.4.
Kendala dan solusi bisnis online
1. Persaingan
yang ketat dampak positif dari bisnis online yaitu banyaknya orang yang mencoba
bisnis ini ternyata juga dapat berubah menjadi kendala. Semakin banyak bisnis
online yang tersedia tentu semakin mempersempit pasar target. Solusi yang dapat
dilakukan antara lain adalah bersaing melalui harga, mencari produk yang unik
dan berbeda dari pada lainnya, memberikan diskon atau hadiah.
2. Produsen
/ supplier masalah umum yang biasa dialami adalah ketika riseller atau pebisnis
online kesulitan menemukan partner pemasok barang yang tepat sehingga kegiatan
penjualan terhambat karena barangnya tidak ada. Jika membuat perjanjian kerja
sama, usahakan membicarakan isi perjanjian dengan seksama dan adil agar tidak
terjadi kesalah pahaman.
3. Penipuan
sebisa mungkin menghubungi konsumen yang bersangkutan secara berkala untuk
memfollow up penerimaan barang atau kah sudah sampai apa belum. Hal ini
dilakukan dengan tujuan agar para konsumen merasa aman dan percaya bahwa
barangnya akan sampai ketangan dalam waktu yang ditentukan.
4. Akses
internet syarat utama dalam memulai bisnis online adalah ketersediaan akses
internet. Oleh karena itu, masalah akan timbul apabila pebisnis tiba-tiba
kehilangan koneksi internet.
5. Peraturan
pemerintah selain dari konsumen kendala juga datang dari atas yakni pemerintah.
Sudah semestinya pemerintah membuat beberapa kebijakan dasar dan jelas tentang
perdagangan internet. Hal ini perlu dilakukan karena untuk menjamin ketenangan
masyarakat dalam menggunakan online shop.
PENUTUP
3.1.KESIMPULAN
Jaman sekarang adalah jaman modern
hampir semua hal dilakukan dari rumah, dari mulai membayar semua tagihan baik
dari berupa tahigan telepon, internet, tv berbayar, pam, dan lai-lain cukup
dengan menggunakan m-banking semua bisa dilakukan dengan cara online. Teknelogi
informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis. Dengan hadirnya
aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain.
Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa
perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penenarapan
teknologi informasi menyebabkan perubahan pada pola kebiasaan kerja. Bisnis
yang berbasis online memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi
sehingga dapat memudahkan bisnis tanpa terhambat jarak dan waktu. Transaksi
dipasar online harus mempunyai peraturan yang harus ditaati pemakainya dalam
dunia maya. Semua user/pemakai yang menjalankan bisnis dan memakai fasilitas
IT, dengan penuh tanggung jawab atas apa yang dilakukannya dalam dunia IT
dengan aman.
DAFTAR PUSTAKA
ENJITA AYU PRATITIS (2015020033)
Komentar
Posting Komentar