MAKALAH EKONOMI MANAJERIAL

MAKALAH EKONOMI MANAJERIAL
“ BISNIS BERBASIS ONLINE ”



DISUSUN OLEH:
ENJITA AYU PRATITIS (2015020033)
                 EKONOMI MANAJEMEN A1



FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS ISLAM BATIK
SURAKARTA
2017


KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH yang maha pengasih lagi maha penyayang,atas rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Salawat serta salam selalu tercurah kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, atas perjuangan-Nya mengantar kita ke jalan yang lebih terang dari masa jahiliya.
 Makalah ekonomi manajerial yang berjudul “ BISNIS BERBASIS ONLINE”Dalam penulisan makalah ini penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan didalamya oleh sebab itu penulis tidak menutup diri dari segala kritik yang membangun yang dapat menyempurnakan makalah ini.
       Terimakasih semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang menbacanya.

Surakarta,    Oktober 2017

penulis











DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL.....................................................................................        i
KATA PENGANTAR...................................................................................       ii
DAFTAR ISI ................................................................................................       iv
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................       1
1.1.Latar Belakang .......................................................................................       1
1.2.Rumusan Masalah ..................................................................................       1
1.3.Tujuan Penulisan ....................................................................................      2
BAB II PEMBAHASAN..............................................................................      3
2.1. Teori Singkat...........................................................................................      3
2.2. Ekonomi Manajerial................................................................................      5
2.3. Memaksimumkan Keuntungan Bisnis Online.........................................      7
2.4. Kendala Dan Solusi Bisnis Online..........................................................      8
BAB III PENUTUP......................................................................................      10
3.1. Kesimpulan..............................................................................................      10      
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................      11


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
Teknologi adalah keseluruhan sarana menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Di era globalisasi tidak menguasai teknologi informasi identik dengan buta huruf. Kehidupan kita sekarang perlahan-lahan mulai berubah dari dulunya era industri berubah menjadi era informasi dibalik pengaruh majunya era globalisasi dan informatika menjadikan komputer. Internet dan pesatnya perkembangan teknologi informasi sebagai bagian utama yang harus ada atau tidak boleh kekurangan dikehidupan kita. Aktifitas network globalisasi ekonomi yang disebabkan oleh kemajuan dari teknologi informasi bukan hanya mengubah pola produktivitas ekonomi tetapi juga meningkatkan tingkat produktivitas dan pada saat bersamaan juga menyebabkan perubahan struktural dalam kehidupan politik, kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat dan juga konsep waktu dalam berbagai lapisan masyarakat.



1.2.RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut muncul rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah kaitan antara ekonomi manajerial dengan bisnis berbasis online ?
2.      Bagaimana mengupayakan keuntugan maksimal bisnis online dengan prinsip-prinsip ekonomi ?





1.3.TUJUAN
Adapun tujuan dari makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui kaitan0kaitan yang ditimbulkan antara ekonomi manajarerial dengan bisnis berbasis online.
2.      Untuk memaksimalkan keuntungan dengan prinsip-prinsip ekonomi.




BAB II
PEMBAHASAN


2.1.Teori Singkat
Perdagangan elekronik (electronic commerce ) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan e-bisnis yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM ( supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elekrtonik (electronic data interchange / EDI).
E-commerce merupakan bagian dari e-business, diamana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (database), surat elektronik (e-mail) , dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang.
                                                                                              










2.2.Ekonomi Manajerial
Ekonomi Manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien. Ekonomi Manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manejemen sumber daya manusia, dan produksi.
Keterkaitan Dengan Teori Ekonomi
Suatu organisasi dapat memecahkan masalah keputusan manajemennya dengan menerapakan teori ekonomi dengan perangkat ilmu keputusan. Teori ekonomi mengacu pada teori ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari timgkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumber daya, dan perusahaan bisnis, didalam sistem perdagangan bebas. Ekonomi makro adalah ilmu yang membahas tentang ouput, pendapatan, pekerjaan, konsumsi, investasi, dan harga secara total atau agregat di perekonomian dilihat secara keseluruhan.

Pengaruh bisnis online terhadap perekonomian indonesia
Sebagai sektor perekonomian baru di indonesia memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola pikir masyarakat yang masih tradisional. Dan bisnis ini merupakan salah satu sektor yang dirasa mampu untuk melakukan perekonomian indonesia tersebut. Perkembangan bisnis yang mengandalkan internet ini kini cukup pesat dan memberikan dampak positif bagi bisnis yang baru. Karena dalam bisnis ini tidak memerlukan dana yang besar, serta tempat visit untuk membuat usaha.
Sehingga dengan modal terbatas pun seorang pebisnis dapat tetap memulai usahanya. Tak perlu repot untuk pergi ke kantor, karena kita bisa melakukan bisnis ini dimana pun dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Dengan kemudahan tersebut secara tak langsung memberikan perekonomian indonesia lewat terbukanya beragam peluang usaha yang dapat dilakukan oleh pebisnis lokal sekali pun. 
                                                
Keterkaitan dengan fungsional ilmu administrasi bisnis
Area fungsional bisnis menyangkut : akuntasi, keuangan, pemasaran, manajemen sumberdaya manusia atau personalia, dan produksi, merupakan disiplin ilmu yang mempelajari lingkungan bisnis dimana perusahaan beroprasi, diharapkan dapat menyediakan latar belakang bagi keputusan manajerial. Jadi ekonomi manajerial merupakan suatu studi yang ruang lingkupnya luas yang menggabungkan teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan area fungsional ilmu administrasi bisnis.
Proses yang terkait dengan semua pengambilan keputusan manajerial terdiri dari 5 tahap :
1.      Menetapkan tujuan perusahaan atau organisasi.
2.      Mendefinisikan permasalahan yang dihadapi perusahaan atau organisasi dalam usaha mencapai tujuan tersebut.
3.      Mengidentifikasikan berbagai solusi-solusi.
4.      Memilih solusi terbaik dari solusi yang tersedia.
5.      Mengimplementasikan keputusan.
Sasaran dan nilai perusahaan
Pada dasarnya sasaran yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan adalah memaksimumkan laba sekarang atau dalam jangka pendek. Namun demikian ada kalanya perusahaan rela mengorbankan atau melepaskan laba jangka pendeknya untuk meningkatkan laba dalam jangka panjang. Jika laba perusahaan sama dengan nilai perusahaan maka secara singkat dapat dikatakan bahwa tujuan perusahaan adalah mamaksimumkan nilai perusahaan.
Nilai perusahaan adalah nilai sekarang atau aliran kas suatu perusahaan yang diharapkan akan diterima pada masa yang akan datang. Nilai sekarang dari seluruh laba yang diharapkan pada masa yang akan datang.



2.3. Memaksimumkan keuntungan bisnis online
Setiap individu harus mengikuti perubahan zaman agar tidak tertinggal oleh kemodernan hidup. Hidup praktis dan instan, itu lah ciri dari sebuah bisnis online yang terus mengalami perkembangan hingga detik ini. Penyampaian informasi dahulu tertulis disecarik kertas dan pengiriman memakai fasilitas POS. Minimal butuh waktu satu kali 24 jam untuk dapat menyamakan pikiran antara pengirim dan penerima.
Surat elektronik mengubah konsep menjadi lebih sederhana dengan hanya satu klik mereka dapat bertukar informasi. Keuntungan yang dijanjikan menyedot perhatian banyak orang sehingga bisnis itu menjadi primadona dunia. Dibutuhkan strategi khusus agar keuntungan yang diperoleh dapat maksimal :
1.      Perbanyak bidang penghematan data dan waktu memungkinkan kita untuk membuka lebih dari satu bidang bisnis online. Cara ini merupakan srategi untuk meningkatkan pendapatan finansial dengan menggaet lebih banyak pelanggan. Meskipun begitu, jangan lakukan pembukaan usaha baru diwaktu yang bersamaan. Merintis beberapa bidang bisnis serempak akan memecah kefokusan. Hal ini membuat keduanya tidak dapat berjalan lancar. Keberhasilan satu bidang bisnis untuk melebarkan sayap kebidang yang lain. Sesuaikan dengan modal, pikiran dan tenaga yang kita miliki jangan ragu untuk melangkah menuju pintu kesuksesan yang sudah didepan mata.
2.      Agresif terhadap pasar bergerak lebih cepat sebelum orang lain ialah cara tanggap menjemput rejeki dipasar online. Luanya jangkauan siapa saja mampu sukses dalam bisnis jika memiliki tekat kuat. Jeli melihat peluang dan segera menyambutnya menggunakan strategi jitu. Keahlian ini wajib ada pada diri pebisnis, baik pemula atau kalangan profesional sekalipun. Agresif berarti berhasil menangkap peluang dicelah-celah ketatnya persaingan pasar. Cara bersaing sehat dapat memicu semangat demi kemajuan bisnis dimasing-masing bidang. Gunakan strategi jitu dan halal untuk berlari lebih kencang ditengah himpitan kompetitor.
3.      Kelola keuangan kedisiplinan mengelola keuangan ialah cara memaksimalkan keuntungan agar terus bertambah. Rincikan dengan detail laporan input dan output sehingga besarnya laba terlihat jelas secara nominal. Simpan dana cadangan sebagai antisipasi hal buruk sewaktu-waktu menimpa bisnis. Tentu penyebab kondisi kemunduran bisnis harus diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Kesiapan dana yang cukup tidak akan mengganggu sistem bisnis yang sedang berjalan. Alihkan atau investasikan ke aset yang nilainya dapat berkembang seiring bertambahnya waktu. Fungsi ganda penyimpanan ini yaitu berperan pula menghasilkan profit. Contoh aset yang nilainya terus berkembang yaitu emas dan properti.


2.4. Kendala dan solusi bisnis online
1.      Persaingan yang ketat dampak positif dari bisnis online yaitu banyaknya orang yang mencoba bisnis ini ternyata juga dapat berubah menjadi kendala. Semakin banyak bisnis online yang tersedia tentu semakin mempersempit pasar target. Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah bersaing melalui harga, mencari produk yang unik dan berbeda dari pada lainnya, memberikan diskon atau hadiah.
2.      Produsen / supplier masalah umum yang biasa dialami adalah ketika riseller atau pebisnis online kesulitan menemukan partner pemasok barang yang tepat sehingga kegiatan penjualan terhambat karena barangnya tidak ada. Jika membuat perjanjian kerja sama, usahakan membicarakan isi perjanjian dengan seksama dan adil agar tidak terjadi kesalah pahaman.
3.      Penipuan sebisa mungkin menghubungi konsumen yang bersangkutan secara berkala untuk memfollow up penerimaan barang atau kah sudah sampai apa belum. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para konsumen merasa aman dan percaya bahwa barangnya akan sampai ketangan dalam waktu yang ditentukan.
4.      Akses internet syarat utama dalam memulai bisnis online adalah ketersediaan akses internet. Oleh karena itu, masalah akan timbul apabila pebisnis tiba-tiba kehilangan koneksi internet.
5.      Peraturan pemerintah selain dari konsumen kendala juga datang dari atas yakni pemerintah. Sudah semestinya pemerintah membuat beberapa kebijakan dasar dan jelas tentang perdagangan internet. Hal ini perlu dilakukan karena untuk menjamin ketenangan masyarakat dalam menggunakan online shop. 















PENUTUP


3.1.KESIMPULAN
Jaman sekarang adalah jaman modern hampir semua hal dilakukan dari rumah, dari mulai membayar semua tagihan baik dari berupa tahigan telepon, internet, tv berbayar, pam, dan lai-lain cukup dengan menggunakan m-banking semua bisa dilakukan dengan cara online. Teknelogi informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penenarapan teknologi informasi menyebabkan perubahan pada pola kebiasaan kerja. Bisnis yang berbasis online memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi sehingga dapat memudahkan bisnis tanpa terhambat jarak dan waktu. Transaksi dipasar online harus mempunyai peraturan yang harus ditaati pemakainya dalam dunia maya. Semua user/pemakai yang menjalankan bisnis dan memakai fasilitas IT, dengan penuh tanggung jawab atas apa yang dilakukannya dalam dunia IT dengan aman.










DAFTAR PUSTAKA


                                



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS UAS EKONOMETRIKA

KINERJA MANAJERIAL